Karadenan Kaum, Sekeping Sejarah Peradaban di Sisi Ciliwung

Seorang sahabat pernah berkata “Indonesia yang kaya budaya adalah surga arkeologi, menggali di belakang rumah saja bisa ketemu benda sejarah”. Ketika kami mengunjungi Karadenan Kaum, Kec. Cibinong, Kab. Bogor (27/8/16) untuk melihat jejak peninggalan Raden Syafe’i, tokoh penyebar agama Islam di Priangan Barat (Bandung, Bogor dan Banten) pada abad 16, seloroh sahabat saya itu terjadi pada Raden Dadang Supadma.

Raden Dadang Supadma, nara sumber kami hari itu, merupakan keturunan ke-41 Raden Syafei. Beliau adalah tokoh dibalik gagasan penelusuran silsilah keturunan Raden Syafei sejak tahun 2013. Dari beliau dan Raden Suparta, kami belajar banyak tentang siapa itu Raden Syafei serta jejak peninggalannya.Termasuk tentang penemuan batu kepala makam yang tak disengaja itu.

“Saya sedang membersihkan komplek makam (di belakang Mesjid) dari pohon tumbang sekitar dua bulan lalu (Juni 2016), lalu ketemu batu makam ini. Rupanya selama ini terkubur” cerita Raden Dadang Supadma, sambil menunjukkan batu bermotif dari ujung makam.

Menurut beliau, peneliti sejarah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menduga batu nisan ini berasal dari abad ke-17, dengan pola ukir yang mirip dengan Cirebon. Raden Dadang Supadma ragu untuk memastikan identitas beberapa makam kuno di dalam komplek pemakaman tersebut. Warga percaya salah satu makam itu adalah makam Ratu Edok, yang merupakan istri Raden Syafe’i. Sejauh apa kebenarannya? Perlu penelitian panjang untuk menjawabnya.

IMG_1311
Batu kepala makam yang ditemukan Raden Dadang Supadma secara tidak sengaja, diduga berasal dari abad 17.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s